
Tulisan berisi keprihatinan Anda pada persoalan pembelajaran kimia (ada rujukan atau pengalaman). Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi persoalan pembelajaran kimia tersebut? Berikan ide/gagasan/saran Anda terhadap upaya tersebut. Posting di blog masing-masing!
Beberapa hal yang perlu diingat:
Komponen objek studi (aspek ontologis) pendidikan/pembelajaran kimia
a. Kurikulum kimia, yang meliputi:
Ø teori tentang pengembangan kurikulum kimia,
Ø organisasi kurikulum kimia,
Ø isi atau materi kurikulum kimia, dan
Ø model-model pengembangan kurikulum kimia.
b. Peserta didik dan perbuatan belajar kimia, yang meliputi:
Ø teori tentang karakteristik peserta didik,
Ø jenis-jenis dan cara belajar kimia,
Ø hirarkhi proses belajar kimia, dan
Ø kondisi-kondisi belajar kimia.
c. Pendidik dan perbuatan mendidik/mengajar kimia, yang meliputi:
Ø teori tentang karakteristik pendidik/pengajar kimia,
Ø karakteristik perbuatan mendidik/mengajar kimia,
Ø model-model mendidik/mengajar kimia,
Ø metode dan teknik mendidik /mengajar kimia, dan
Ø sistem pengelolaan kelas.
d. Lingkungan Pendidikan kimia, yang meliputi:
Ø teori tentang pranata pendidikan kimia,
Ø perencanaan dan pengelolaan pendidikan kimia,
Ø bimbingan dan penyuluhan atau bimbingan karir, dan
Ø sarana atau media pendidikan kimia.
e. Penilaian hasil belajar kimia, yang meliputi:
Ø teori tentang model-model penilaian hasil belajar kimia,
Ø teknik penilaian hasil belajar kimia, dan
Ø instrumen penilaian hasil belajar kimia.
No comments:
Post a Comment