Tuesday, April 23, 2019

UTS Pengembangan Media Pembelajaran (PMP)

KERJAKAN PADA LAMAN JAWABAN >>>KLIK DISINI<<<
upload jawaban dalam bentuk file dokumen.doc/file.pdf/gambar.jpg maks 10mb.

1. Perhatikan Gambar 1, buatlah langkah-langkah pengembangan sebuah media pembelajaran dengan menerapkan model tersebut!


Gambar 1. Model R & D Alessi dan Trollip


2. Perhatikan Gambar 2, buatlah langkah-langkah pengembangan sebuah media pembelajaran dengan menerapkan model tersebut!
Gambar 2. Model R & D Borg dan Gall

3. Scriven created a check list that is use for the summative evaluation of program or product. Each of the twelve items on the check list addresses one of the following questions:
1 . How great is the need for the product?
2. How large and important is the market for the product?
3. How generalizable are the results of field tests of the product?
4. Did the field tests result in good data on samples of all relevant user groups?
5. How thorough was the cost analysis for the product?
6. How good is the evidence on the Iong-term effects of the product?
7. Were side-effects of the product diligently sought?
8. Were relevant ethical, professional, and research standards applied during the product development process?
9. Was the research design used in the field tests sufficienfly rigorous to determine that the product was the actual cause of any observed effects?
10. How rigorous was the comparison between the product and its competitors?
11. How appropriate were the statistical analyses of field-test results, and if signifficance tests were done, did they yield statistically significant results?
12. How great is the educational significance of the product?

Kira-kira terjemahannya sebagai berikut:
Scriven membuat daftar periksa yang digunakan untuk mengevaluasi sumatif program atau produk. Masing-masing dari dua belas item dalam daftar periksa membahas salah satu pertanyaan berikut:
1) Seberapa besar kebutuhan akan produk?
2) Seberapa besar dan penting pasar untuk produk?
3) Seberapa luas generalisasi hasil uji lapangan produk?
4) Apakah tes lapangan menghasilkan data yang baik tentang sampel semua kelompok pengguna yang relevan?
5) Seberapa teliti analisis biaya untuk produk?
6) Seberapa baik bukti pada efek jangka panjang dari produk?
7) Apakah efek samping dari produk dicari dengan tekun?
8) Apakah standar etika, profesional, dan penelitian yang relevan diterapkan selama proses pengembangan produk?
9) Apakah desain penelitian yang digunakan dalam uji lapangan cukup memadai untuk menentukan bahwa produk adalah penyebab sebenarnya dari setiap efek yang diamati?
10) Seberapa ketat perbandingan antara produk dan pesaingnya?
11) Seberapa tepat analisis statistik dari hasil uji lapangan, dan jika uji signifikansi dilakukan, apakah itu menghasilkan hasil yang signifikan secara statistik?
12) Seberapa besar arti penting pendidikan dari produk?

Buatlah instrumen untuk memeriksa produk yang akan Anda hasilkan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan di atas!

No comments:

Post a Comment